Dua Ulama Terbesar Kalimantan Selatan Ini Haul nya Sama Sama Diperingati di Bulan Syawwal | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 14 Mei 2022

Dua Ulama Terbesar Kalimantan Selatan Ini Haul nya Sama Sama Diperingati di Bulan Syawwal


Selain merayakan lebaran, warga Kalimantan Selatan juga memperingati haul 2 ulama besar yang sama sama wafat di Bulan Syawwal. Dua ulama itu adalah Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari (Datu Kalampayan Martapura) dan Syekh Muhammad Kasyful Anwar Al Banjari.

Yang pertama ada Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari. Beliau sering juga disebut orang Kalimantan Selatan sebagai Datu Kalampayan Martapura. Beliau adalah ulama Banjar yang hidup sekitar tahun 1700 sampai 1800 Masehi.

Beliau adalah Mufti kesultanan Banjar yang menimba ilmu berpuluh puluh tahun di kota Makkah dan Madinah. Diantara guru beliau disana adalah Syekh Muhammad bin Abdul Karim As Samman Al Madani dan Syekh Muhammad bin Sulaiman Al Kurdi. 

Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari wafat pada 6 Syawwal 1227 H atau 13 Oktober 1812 H diusia 105 tahun. Jasa beliau terus dikenang walau beliau sudah wafat, diantara nya adalah kitab tulisan beliau yang bernama "Sabilal Muhtadin" yang menjadi rujukan masalah fiqih bagi mayoritas negara orang Asia tenggara.

Yang kedua ada Syekh Muhammad Kasyful Anwar Martapura. Beliau adalah ulama besar Kalimantan Selatan yang lahir di Kampung Melayu.

Beliau menuntut ilmu di tanah Suci Makkah dan berguru kepada banyak ulama besar Makkah. Diantaranya adalah Syekh Sayyid Muhammad Amin Al Kutbi

Beliau menjadi pimpinan pondok pesantren Darussalam Martapura yang ke tiga. Banyak perubahan besar yang beliau berikan saat beliau menjadi pimpinan. Syekh Muhammad Kasyful Anwar wafat pada 18 Syawwal 1359 Hijriyah pada usia 55 tahun.

Sumber : buku "Datu Datu Terkenal Kalimantan Selatan". Terbitan "Sahabat" Mitra Pengetahuan 2013. Sub judul "Datu Muhammad Kasyful Anwar", halaman 106

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner